Saturday, November 3, 2012

Waspada Bulu Kucing




Resiko memelihara kucing


Ternyata memelihara kucing di rumah itu ada risiko tertular beberapa jenis penyakit. Satu yang paling harus diwaspadai, bila membawa penyakit toxoplasma . Ini sejenis parasit yang hidup di usus kucing. Parasit juga melekat pada bulu, mulut, dan wadah bekas makan kucing. Parasit dalam usus kucing ini juga bisa hidup di tubuh manusia. 

Maka kita sebut penyakit hewan yang bisa juga pada manusia atau zoonosis. Berdekatan hidup dengan kucing berisiko tertular parasit ini. Tenang dulu Tentu tidak semua kucing membawa parasit ini. Hanya kucing yang tertular saja yang menjadi sumber penular.

Bukan hanya kucing. Bisa juga anjing, kambing, sapi, kerbau, atau hewan apa saja yang tertular parasit ini. Biasanya hewan yang merumput. Kambing dan kerbau mendapatkannya setelah makan rumput yang sudah tercemar parasit ini. Kotoran kucing yang berceceran terbawa kaki kucing ke rumput yang kemudian dimakan kambing atau hewan pemakan rumput lainnya.

Bahaya Bulu Kucing Bagi Kesehatan - Mungkin sebagian dari teman-teman ada yang bertanya tentang bahaya bulu kucing bagi wanita. Melalui tulisan ini akan dijelaskan sedikit mengenai pertanyaan anda tersebut, semoga saja nantinya dengan tulisan ini pertanyaan anda akan terjawab dan dapat bermanfaat.

Toksoplasma Gondii, adalah salah satu parasit yang terdapat pada kotoron anjing dan kucing. Parasit ini dapat menyebabkan penyakit toksoplasma. Jika ibu hamil terpapar dan menderita penyakit ini, akibatnya bisa fatal, keguguran atau bayi lahir cacat.

Parasit toksoplasma juga ditemukan pada hewan-hewan seperti anjing, tikus atau babi. Bagi wanita yang memelihara kucing dan sedang merencanakan kehamilan atau sudah hamil, sebaiknya tidak memelihara kucing atau menjauhinya untuk sementara waktu. Pasalnya, bila bumil tertular toksoplasma, bisa berakibat buruk pada janin.
 Maka sebaiknya tidak hamil dulu kalau positif toxoplasma.Parasit dari sekitar rumah mudah melekat pada jemari tangan. Yang terpenting jaga kebersihan aja





No comments:

Post a Comment